Aplikasi Augmented Reality Pada Pemasaran Perumahan Puri Lestari Di Cikarang Berbasis Android

Yudiana Yudiana, Ali Mulyanto

Sari


Dalam kegiatan promosi perumahan saat ini yang sering digunakan sebagai media promosi berupa brosur, katalog, famplet dan lainĀ  sebagainya. Media tersebut hanya bisa menampilkan model rumah yang dipromosikan berupa gambar 2D saja. Dengan adanya teknologi augmented reality ini model rumah yang dipromosikan bisa langsung terlihat nyata dalam bentuk 3D. Sehingga dibuatlah aplikasi augmented reality. Untuk menentukan aplikasi tersebut efektif atau tidak maka dilakukanlah pengujian dan analisis. Pada pengujian aplikasi augmented reality ini menggunakan metode hipotesis statistik. Dalam pengujian hipotesis statistik bertujuan memutuskan apakah menerima atau menolak hipotesis tersebut. Dalam pengujian aplikasi augmented reality ini terdapat 2 jenis pengujian yaitu pengujian kelayakan dan pengujian keefektifan. Dari pengujian kelayakan dilakukan pengujian sebanyak 30 kali dan disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality ini layak digunakan karena waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan model 3D kurang dari 15 second. Dan untuk pengujian keefektifan diperoleh data sebanyak 25 responden. Dari 25 responden tersebut dinyatakan bahwa tingkat keefektifan dari aplikasi augmented reality tersebut lebih dari 80 %. Setelah melakukan pengujian hipotesis sesuai prosedur maka diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi dapat digunakan oleh user tanpa adanya kesulitan dan aplikasi terbukti efektif lebih dari 80%.

Kata Kunci


Aplikasi Augmented Reality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azuma, Roland T. 2011, Analisis metode Occlusion Bassed Pada Augmented Reality

Haller, Billinghurst, dan Thomas, 2010, Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target pada Augmented Reality

Wei Meng Lee, 2011, Aplikasi Berbasis Adroid Studi, Andromak SDK,

Gradle, dan Android Virtual Device.

Rio. 2016 menjalankan berbagai macam perangkat mulai dari Smartphone

Ricetiellio, Jhon, 2014, Demotratize game Development

Suhendar & Gunandi, 2002, Object Oriented Analysis and Design (OOAD)

Nurhayati, Asti., Eddy purnama, I ketut, dan Zaini, Ahmad., Analisis pengujian perangkat Lunak Augmented Reality

Ulwan, M Nashihun., 2014, One Sample Test (uji satu sampel) dengan SPSS.

Yulisetyawati, Wiwik Agung., Nurliza., 2016, Aplikasi Augmented Reality untuk promosi perumahan Mitra Raya Berbasis Android.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.